Sistem Informasi Manajemen Pendidikan berbasis GIS

SIMDIK BERBASIS GIS

1. LATAR BELAKANG

Kota / Kabupaten dengan wilayah administrasi yang cukup luas dengat dengan ibukota negara, Profesi penduduknya beragam. Saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten BANDUNG dalam merencanakan Pendidikannya masih menggunakan cara konvensional, Perkembangan teknologi informasi belum seluruuhnya dijadikan sebagai suatu alat yang efektif dan efisien dalam membantu pengambil keputusan. Oleh karena itu perlu dibangun sistem yang dapat menyimpan, menampilkan, dan melakukan beberapa analisis terhadap data potensi Kependidikan tersebut. Data-data potensi Pendidikan yang dimiliki dihimpun dalam suatu database (basis data) yang terintegrasi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh stake holder yang bergerak dalam pelaksanaan Manajemen Pendidikan yang modern. Informasi yang ditampilkan tidak hanya dalam bentuk atribut (tabel) saja, tetapi dapat menunjukan dimana lokasi dari informasi yang ditampilkan.
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan berbasis Teknologi Informasi adalah alat bantu untuk merencanakan sistem pendidikan, sistem perencanaan SDM, Sistem Pengembangan Pembangunan infrastruktur Pendidikan, dan sistem informasi Pendidikan itu sendiri, Informasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai masukan dalam menentukan perencanaan dan arah kegiatan pembangunan di Dinas Pendidikan Kabupaten BANDUNG.
SIMDIK adalah bagian dari kemajuan teknologi informasi (information technology). Sebagai teknologi berbasis komputer, SIMDIK dapat dipandang sebagai teknologi yang harus diperhitungkan dalam berbagai bidang pekerjaan seperti perencanaan, inventarisasi, monitoring, dan pengambilan keputusan. Bidang aplikasi SIMDIK yang demikian luas (dari urusan guru, murid, dokumen, barang sampai pada persoalan bagaimana mencari solusi dalam Penelitian, pekerjaan ini dapat dijawab oleh SIMDIK secara terpadu (integrated) dan multi-disiplin.
Khusus untuk aplikasi perencanaan, SIMDIK akan menggabungkan kemampuan teknologi komputer dalam (i) sistem penggambaran secara otomatis (kemampuan ‘graphic’); (ii) sistem untuk melakukan analisis spasial (alat analisis) dan (iii) sistem yang berkaitan dengan pengelolaan basis data. Gabungan ketiga sistem inilah yang membuat teknologi infomasi geografik, yang tadinya terpisah-pisah, menjadi satu sistem yang sekarang populer dengan nama Sistem Informasi ManajemenPendidikan (SIMDIK) (lihat Gambar 1).

Gambar 1. Komponen SIMDIK

Dengan semakin populernya SIMDIK, rasanya tidak ada satu disiplin pun yang dapat meng-claim bahwa SIMDIK adalah domain suatu kelompok. Hal ini perlu dikemukakan karena pada tahap awal pengembangan SIMDIK, sumbangannya yang sangat dominan adalah para Peneliti, perencana (planners), pakar bidang regional (regional scientists) dan arsitek lanskap (landscape architects).
Secara umum komponen SIMDIK terdiri atas 3 bagian utama, yaitu: (a) komponen untuk Data Masukan (input); (b) komponen Sistem Pengelolaan Basis Data (Data Base Management System/DBMS) dan (c) Komponen untuk Data Luaran (output) Seluruh komponen ini akan memanfaatkan komputer (CPU, sistem operasi dan SDM) sebagai sarana pengoperasiannya.
Secara umum, tahapan pengembangan SIMDIK sama dengan pola yang biasa digunakan dalam suatu proyek, yaitu:

Tergantung dari besar serta kompleknya suatu organisasi yang ingin menggunakan SIMDIK, tahapan inipun bisa bervariasi. Apalagi kalau dikaitkan dengan aplikasi SIMDIK-nya yang demikian luas.

2. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dan Tujuan dari penggunaan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan berbasis GIS ini adalah :
• Sesuai standar JARDIKNAS (Departemen Pendidikan Nasional), sehingga pembuatan laporan dari masing-masing sekolah maupun dari Dinas Pendidikan dapat dengan mudah dan cepat di sampaikan tanpa harus membuat laporan ulang dan tanpa harus mencetak laporan, hal ini karena format laporan dan jaringan sudah disesuaikan dan menggunakan konsep singkronisasi online.
• Kemudahan dan kecepatan proses pengolahan, penyimpanan, pencarian, pelaporan data dan informasi yang dibutuhkan.
• Dikembangkan secara integrated untuk kebutuhan administrasi akademik sekolah.
• Sistem dapat disesuaikan dengan kebutuhan lembaga/institusi pendidikan terkait.
• Secara teknis, proses instalasi dan setup yang mudah.
• Tampilan user friendly dengan mengadopsi interface Office 2007.
• Harga lisensi yang sangat kompetitif.

3. METODE

Aplikasi sistem informasi manajemen pendidikan ini berbasis web yang dapat dipasang pada jaringan :
1. Intranet Sekolah sehingga tidak membutuhkan koneksi Internet atau
2. Internet yang membutuhkan koneksi ke internet
1. Aplikasi Websitenya menampilkan:
1. Lembar Data Sekolah
2. Lembar Data Siswa
3. Lembar Data Guru
4. Lembar Data TU
5. Lembar Administrasi Pembayaran Siswa
6. Lembar Perpustakaan Sekolah
7. Lembar Bimbingan Konseling Siswa
8. Lembar Nilai Siswa dan Raport Siswa
9. Lembar Info Inventaris Sekolah
10. Lembar pengaturan data Sekolah
11. Lembar Laporan-Laporan Sekolah
2. Sedangkan Aplikasi desktop/ Back-office :
1. Pengelolaan Sistem
Untuk menentukan tingkatan kewenangan pemakai dan pengaturan yang berhubungan dengan kerahasiaan informasi dan sistem.
2. Koneksi dan setting
Identitas sekolah, setting tahun ajaran, seting kurikulum, koneksi database, dan format tanggal.
3. Pengelolaan Kesiswaan
Pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus kedisiplinan, data kesehatan, data periksa, prestasi, perpindahan (mutasi) siswa, sampai pengelolaan data alumni.
4. Pengelolaan Akademik
Laporan nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik.
5. Pengelolaan Guru dan Karyawan
Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga, riwayat pendidikan, pendidikan tambahan(kursus, training, seminar, workshop dsb).
6. Pengelolaan Keuangan
Manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya praktikum, biaya ekstra, dll.
7. Pengelolaan Perpustakaan
Pengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi), status keanggotaan dan peminjam, stock inventory, Jurnal keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan rekap pengembalian.
8. Pelaporan
Pelaporan siswa (induk siwa, kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa, kasus, dan bimbingan) per siswa, per kelas dan seluruh siswa, pelaporan guru/pegawai (induk pegawai, bidang pengajaran), rencana pengajaran, nilai, kelulusan, statistik dan laporan ke DEPDIKNAS (data sekolah, siswa dan guru)
9. Bank Soal
Pengolahan data bank soal, penyimpanan soal,pencarian dan pencetakan.
10. SMS Gateway
Sms Gateway di pakai sebagai sarana pertukaran informasi kepada Guru, Murid, Dinas, Orang tua Murid, Alumni dll.
11. Pengelolaan Website
Pengelolaan website adalah jembatan dari desktop kepada web, dimana semua tampilan, informasi, data, foto, video, dll diatur oleh pengelolaan website.

Diharapkan dengan sistim ini pada karayawan Tu yang bertugas, guru dan siswa sendiri dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan serta dengan baik data tersebut disimpan, dikelola dan dipakai untuk kemajuan belajar mengajar di sekolah tingkat menengah pertama.
Software Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan Sekolah Tersebut, disini kelebihan SIMDIK yang kita bikin, selalu Update dengan Kondisi Sekolah tersebut

4. TENAGA AHLI

Dalam melakukan perkerjaan ini dibutuhkan tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidang keahlian antara lain :
1. Team Leader
Adalah seorang Ketua tim yang mempunyai kualifikasi dalam bidang Pendidikan lulusan S2 Manajemen Pendidikan dan berpengalaman di lingkungan pendidikan minimal 5 tahun, Bertugas memimpin kegiatan dari awal yaitu pembangunan sistem sampai dengan selesai pembangunan sistem .
2. System Analyst
Adalah tenaga ahli System analis yang berpendidikan S1Teknologi Informasi dan berpengalaman minimal 5 tahun dalam perencanaan sistem. Bertugas merencanakan system, Menganalisa system, menguji program, dan memberi masukan kepada tim leader.
3. Design Enginer
SI Teknologi Informasi berpengalaman minimal 3 tahun, Bertugas membuat design dan memastikan seluruh design berjalan sesuai dengan kebutuhan pemakai.
4. Programer
D3 Teknologi Informasi, berpengalaman 3 tahun dalam membuat program, Bertugas membuat aplikasi SIMDIK,SMS Gateway, dan Website.
CD SIMDIK berbasis GIS

About these ads

Posted on 26/05/2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: